Untung ikut Jampersal

Monday, January 2nd 2012. | Cerita Bunda
salon putri

Jampersal 450x373 Untung ikut Jampersal

Jampersal

Kehamilanku yang pertama ini bunda acil ikut program pemerintah JAMPERSAL (jaminan persalinan). Bunda Acil bersyukur sekali karena sekarang ada program pemerintah untuk membantu biaya persalinan bagi para ibu yang lagi hamil. Termasuk bunda acil pun ikut program JAMPERSAL tersebut, yang sangat membantu masalah finansial dalam proses persalinan.

Kehamilanku sejak awal memang bermasalah dan perlu perawatan khusus. Untung sejak awal kehamilan bunda acil sudah ikut program JAMPERSAL. Jadi semua biaya dari periksa di Puskesmas tiap bulan sampai biaya persalinan semua di klaim ke pemerintah lewat program JAMPERSAL. Biaya persalinan bunda acil memang perlu biaya yang bisa di bilang banyak. Karena kelahiran acil anakku belum cukup bulan atau lahir prematur. Paru-paru acil pun belum matang jadi perlu obat dan alat bantu khusus buat bayi bernafas. Bayangkan saja selama perawatan di inkubator sama menebus resep buat obat tidak lah sedikit belum alat bantu untuk bernafas. Selama 9 hari perawatan di rumah sakit, kira-kira habis dana 15 juta. Untung semua itu bisa di klaim ke pemerintah karena bunda acil ikut program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL). Bunda dan ayahanda acil hanya mengeluarkan uang kira-kira 3 juta lebih, buat biaya akomodasi dan selama menunggu di rumah sakit karena makanan yang di jual di kantin rumah sakit lumayan mahal sama buat beli pempers dan popok bayi serta buat kebutuhan bunda selama di rumah sakit dan kebutuhan kecil lainnya.

Bunda dan ayahanda acil hanya bisa bilang terima kasih JAMPERSAL. Program Jaminan Persalinan dari pemerintah ini sudah banyak membantu dan ikut berperan dalam menjaga kesehatan Ibu dan Anak. Untung ikut Jampersal, jadi kehamilan ku dan kelahiran bayi bisa mendapat perawatan dan pelayanan yang maksimal untuk menjaga kesehatan Ibu dan Anak. Meskipun, TAKDIR berkata lain, bayi bunda Acilku akhirnya harus meninggal dan pergi ke Surga.

cari cerita:

berapa lama pembuatan jampersal, jampersal sampai anak keberapa, jampersal yogyakarta, kimochi spa bandar lampung, klaim askes meninggal, klaim kematian askes, masa berlaku jampersal, sampai kapanmasaberlaku jampersal, syarat membuat jampersal, jampersal maksimal berapa hari rawat inap?
tags: , , , ,

Komentar untuk Untung ikut Jampersal

107 komentar tentang “Untung ikut Jampersal”

  1. sikin says:

    sebetulnya surat rujukan itu apakah harus sesuai KTP atau ga?…maslahnya ktp saya jakarta tapi saya tinggal di tangerang. tadinya lancar2 saja,dan saya hanya pakai surat domisili. namun setelah yg ke sekian kalinya, surat permohonan JAMPERSALku ditolak,alasannya karena surat rujukanku dari puskesmas tangerang,dan saya disuruh ke puskesmas jakarta, tapi tentu saja di tolak karena istri tidak pernah melakukan pemeriksaan kandungan di jakarta. dan yg lebih bikin keselnya katanya surat2 yg saya biin sebetulnya sudah lengkap bahkan saya sudah sampai ke suku dinas jakarta utara dan diperiksa surat permohonanku dan ternyata pula surat2ku sudah LENGKAP jg sya jadi bingung mana yg bener. sementara kandungan istriku sudah semakin mendekati hari nyannn

    • acil says:

      syarat jampersal adalah surat keterangan / pernyataan dan KK , fotokopi ktp. soal puskesmas mana, itu puskesmas terdekat di tempat anda, dan soal rumah sakit buat rujukannya, nanti dokter di puskesmas yang akan memmberi tau rumh sakit rujukan dan mengantar ke rumah sakitnya.

      Pengalaman bunda acil, bunda acil KK sidoarjo dan KTP sidoarjo, tapi bertempat di Surabaya. Sebelum ek rumah sakit, minimal harus pernah periksa ke Puskesmas jampersal (jadi syarat jampersal sudah di puskesmas sudah lengkap ), dan kalau memang persalinan bermasalah sedang pihak puskesmas tidka bisa mengtasi persalinan dan harus di bawa ke Rumah Sakit, nanti akan di antar oleh ambulans dan dokter / bidan Puskesmas ke Rumah Sakit tempat Jampersal. dan ambulans dari puskesmas gratis.

      • Dwi says:

        mau tanya dong mbak ,
        kalau mau membuat jampersal itu akan dikenakan biaya gak ?
        berapa lama jampersal akan jadi ??
        Proses membuat jampersal itu gmn sih??
        melalui RT/RW kelurahan,atau hanya melalui puskesmas saja?
        terimakasih

    • acil says:

      Intinya, dimana anda periksa di Puskesmas , jadi terserah pihak puskesmas itu kalau memang persalinan ibu hamil perlu di rujuk ke Rumah Sakit yang alat nya lebih lengkap.

      Sedang kita ber KTP atau Kartu Keluarga mana saja (asal wilayah Indonesia) boleh periksa ke Puskesmas terdekat di wilayah kita tinggal.

      Karena Jaminan Persalinan ini program Menteri kesehatan untuk seluruh warga Indonesia. sewaktu Bunda acil bersalin, ada orang Ambon (ber KTP dan KK Ambon, tapi ngekost/tinggal di Surabaya, dia merantau dan ikut Jampersal di Puskesmas terdekat dia kost, dan sewaktu di rujuk ke Rumah Sakit, dia di rawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

  2. soerya says:

    saya belum punya KK dan KTP istri saya masih status belum kawin. sekarang sudah hamil 7 bulan, apa bisa mendapatkan JAMPERSAL??

    • acil says:

      untuk mas surya, KK yang di butuhkan adalah Kartu keluarga yang ada nama ibu yang mengandung. Jadi yang dibutuhkan syarat jampersal adalah,
      - KK yang ada nama bunda dari bayi anda
      - dan foto kopi KTP bunda (istri anda)
      - surat pernyataan (surat untuk ikut jampersal, nanti pihak puskesmas yang memberitau)

      Cuma itu saja.

  3. Evvy says:

    Apakah yang memdapatkan JAMPERSAL seluruh warga negara Indonesia, dan apa ada syarat2 tertentu?

  4. nuke tamher says:

    saya mau tnya. Apakah di kota Ambon , propinsi Maluku melayani Jampersal. Krna kurang adanya sosialisasi di puskesmas. Syarat untk jampersal apa sj. Jampersal di layani sampe anak ke berapa. Apakah termasuk operasi cesar juga. Mhn infonya.

    • acil says:

      Jampersal adalah program dari menteri Kesehatan untuk masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk Ambon Maluku.

      jampersal melayani kelahiran anak keberapa saja, ttapi syarat Jampersal harus membuat pernyataan setelah ikut Jampersal harus ikut KB (keluarga berencana) dan tidak berkeinginan punya anak lagi.

      Program jampersal menanggung biaya persalinan, termasuk persalinan dengan operasi caesar ( biaya rumah sakit, obat, perawat, ditanggung oleh pemerintah dengan program jampersal)

      • sesilia frestian debby says:

        saya ingin tanya,kalau ibu yg mau ikut jampersal kerja dipuskesmas sbg pegawai negeri,dan sedang mengandung tapi mau ikut program jampersal apa boleh?karena mau melahirkan secara secar dan usia sdh 40an,rencananya mau melahirkan dirumah sakit krian sidoarjo,tolong dibalas yah acil…trimksh

        • acil says:

          Salam hangat buat bunda sesilia.
          Program jampersal untuk pegawai negri )pemilik Askes) adalah untuk anak ke 3 dan ke 4 yang boleh. itu bunda sesilia mengandung anak ke berapa ?
          kalau anak pertama / anak kedua, tidak boleh ikut program jaminan persalinan ini :)

  5. Sonia says:

    Senangnya dgn adanya jampersal,tp yg buatku bingung bidan di puskesmas tmptku priksa dipusk.pembina duren sawit jaktim diblg jika aku ikt jampersal ttp aja biaya bersalin normal dipuskesmas byr stengah krn diblg ga ada yg gratis begitupula jika sc dirujuk ke rscm,percuma donk ada jampersal gratis klo nnt ku ttp byr,,huuufft…

    • acil says:

      Mungkin di puskesmas Pembina, jakarta Timur bukan Puskesmas Central (Puskesmas untuk Program jampersal).

      Kalau anda ikut program jampersal, bersalinnya di Puskesmas tempat Jampersal dan Gratis biaya nya, (Tidak semua puskesmas bisa untuk bersalin dan menerima jampersal). jadi anda harus daftar ke Puskesmas tempat jampersal di kota anda. Kalau di Surabaya, Puskesmas Jampersala da di Puskesmas jagir dan satu lagi puskesmas di daerah Surabaya utara.

      Kalau habis dari Puskesmas Jampersal, dirasa perlu rujukan ke Rumah sakit karena proses bersalin yang bermasalah, akan di kasih rujukan ke Rumah Sakit peemrintah dan GRATIS biayanya. Pengalaman bunda acil waktu melahirkan bermasalah dan di diagnosis operasi caesar, dari puskesmas jampersal bunda sampai diantarkan pakai Ambulance ke Rumah Sakit rujukan dan itu tanpa biaya alias gratis biaya ambulance dan bersalinnya. Sedang obatnya juga gratis, kita cuma disuruh membawa surat keterangan Jampersal untuk menebus obat di apotek Rumah sakit tempat bersalin.

  6. ety nurhayati says:

    kata bidan di puskesmas,tempat saya periksa,jampersal hanya untuk anak 1 dan 2 saja.apa benar seperti itu.sedangkan sy,sdh anak ke 4.

    • acil says:

      Untuk masayarakat yang tidak punya askes (asuransi apapun), anak 1 dan anak ke 2 boleh ikut program jaminan persalinan ini.
      Kalau pegawai negri (punya Askes), baru anak ke 3 boleh ikut Jampersal.

  7. Sulis says:

    kalau misalnya selama hamil tidak periksa kandungan di puskesmas tapi di dokter kandungan, bisa ikut program Jampersal?

  8. rhya says:

    Assalamu’alaikum
    Sy hamil 8bln, dn baru mngetahui adanya program jampersal dr iklan [d̲̅i̲̅] tv. Yg ingin sy tanyakan.
    1. Bagaimana caranya untuk mndapatkan jampersal / buku kia trsbut,smntara [d̲̅i̲̅] dekat tempat tinggal kami tdk trdpat puskesmas? Hanya äϑa̲̅] Rs.umum,apaa bisa mngurus dstu?
    2. Sy ingin melahirkan [d̲̅i̲̅] Rs.bersalin, apakah bisa memakai jampersal †ªnpa harus äϑa̲̅] rujukan dr puskesmas?
    3. Apakah mngrus jampersal bisa mulai dr skrg atau mnunggu saat melahirkan sj?
    Trimakasih :)

    • acil says:

      Waalaikum salam mbak Rhya.
      1. Coba cari puskesmas di kota anda, biasanya di kecamatan ada Puskesmas.
      2. Untuk persalinan normal, biasanya dilakukan di puskesmas yang ada fasilitas bersalinnya (puskesmas Jampersal), baru kalau persalinan yang bermasalah dan membutuhkan peralatan medis yang lengkap, pihak puskesmas akan merujuk ke Rumah Sakit.
      3. Mengurus Jampersal sebaiknya di mulai dari awal kehamilan, supaya kesehatan janin bisa terpantau. kan lebih baik kita periksa rutin kehamilan kita. Contoh yng bunda acil alamai, adalah kehamilan beresiko dan diprediksi harus operasi (karena mengalami plasenta previa / ari2 di bawah). Jadi jauh2 hari sebelumnya dan kehamilan masih muda bunda acil sudah menyiapkan syarat2 jampersal dan ikut jampersal. ternyata waktu kehamilan berumur 6 bulan, bunda acil melahirkan prematur dan dari pihak Puskesmas jampersal dirujuk ke Rumah Sakit dengan diantarkan pakai AMbulans Puskesmas (itu semua gratis karena sudah ikut Jampersal)

  9. kayla says:

    Aq udh tinggal nunggu wkt lahiran,tp lom prnh priksa ke puskesmas.krn Q gda KTP.Pa blh Q ikut jampersal kl gda KTP?Padahal,Q gda biaya lahiran krn Q cm single parent.Q berasal dr Medan,tp skrg di Tangerang.BIsakah Q dpat Jampersal?

    • acil says:

      Syarat untuk ikut Jampersal adalah fotokopi KTP dan KK, soal KTP asalnya mana terserah yang penting KTP warga negara Indonesia. dan sebelum melahirkan, minimal pernah periksa ke Puskesmas Jampersal dan memenuhi sayart2 nya ( cuma fotokopi KTP, KK, dan surat pernyataan saja).

      Sebaiknya bunda Kayla periksa kehamilannya, itu baik untuk kesehatan bayi dan bisa tanya2 ke puskesmas terdekat.

  10. anatalia says:

    usia kandungan aku sudah masuk 5 bulan.kalau aku ikut jampersal masih bisa ga ya.aku berdomisili di jakarta

  11. anatalia says:

    Assalamu’alaikum usia kandungan aku masuk 5 bulan,aku masih bisa ga ikut jampersal,aku tinggal di jakarta,tapi kami belum punya KK,itu bagaimana prosesnya

    • acil says:

      Kalau mbak anatalia tidak punya KK bareng suami, mbak bisa pakai KK mbak yang sama ortu. Yang penting di KK itu ada nama / data calon bunda.

      Salam Sehat, jaga kesehatan janin dan bayi yahh :)

  12. fahrul says:

    istrisaya mengandung anak kembar,kemungkinan akan melahirkan secara caesar,apakah biaya biaya ditanggung jampersal,mohon infonya

  13. sri harwani says:

    apakah jika persalinan terjadi pendarahan,maka jampersal gugur alias batal dengan sendirinya,karena bidan puskesmas bilang seperti itu

    • acil says:

      Ya tidak lah mbak …. :)
      pengalaman Bunda Acil: setelah periksa ke puskesmas Jampersal satu kali, dan memenuhin sayart2 program jampersal, waktu mau periksa ke 2, sudah pendarahan (lahir prematur), dan pihak puskesmas Jampersal langsung tanggap dan merujuk ke Rumah Sakit

  14. budi says:

    ass. wr wb… saya mau tanya istri saya hamil anak kami yang ke lima dan sudah 8 bulan dan biasanya kami periksa dibidan dan saat ini bidan yang biasa memeriksa istri saya pindah tempat praktek dan rumahnya yang saya tanyakan apakah istri saya bisa mengikuti program jampersal dengan cara operasi caesar karena sebelumnya anak ke 4 saya sudah dilahirkan dengan cara caesar dan saya juga mohon petunjuk bagaimana cara mengikuti jampersal dan puskesmas mana saja yang menerima program jampersal dan sedikit informasi saya tinggal di utan kayu utara jakarta timur atas informasi dan bantuannya saya ucapkan banyak trima kasih

    • acil says:

      waalaikum salam wr wb.
      Program Jampersal ini untuk anak pertama dan anak kedua bagi masyarakat.
      Kalau untuk pegawai negri, program persalinan ini cuma bisa untuk anak ke 3 dan ke 4.

      Kalau istri mas Budi mau melahirkan anak ke 5, otomatis tidak bisa mengikuti Jampersal ini. Karena keluarga mas Budi tidak mengikuti program pemerintah sebelumnya yaitu Keluarga Berencana (KB) :)

  15. Nina says:

    assalamualaikum
    saya sedang hamil 8 bulan, krn minus mata saya tinggi,dokter menyarankan untuk operasi caesar, dari puskesmas minta rekomendasi dari dokter kandungan dan dokter mata sebagai dasar untuk memberi rujukan ke RS tmpat operasi. pertanyaan saya bagaimana mengurus prosedur operasi di RS tsb ? apakah harus daftar atau bagaimana?kapan jampersal diserahkan ke RS?

    • acil says:

      Selama mengandung, bunda nina apa sudah pernah periksa ke puskesmas tempat Jampersal ?
      Kalau sudah pernah, dan bunda nina jg periksa kandungan di dokter, bawa saja surat2 dari dokter dan ‘Buku Kesehatan ibu dan anak’. karena buku KIA itu adalah record / rekaman kesehatan masa kehamilan kita dan semua bisa menerima.

      Untuk mengurus kehamilan dengan operasi pakai jampersal, bunda di antarkan / di rujuk oleh tenaga medis Puskesmas ke RS rujukan, kalau sudah sampai di Rumah Sakit, tinggal keluarga bunda yang menjaga yang mengurus surat2 untuk menebus obat atau administrasi selama rawat inap dan operasi tersebut (semua GRATIS, kalau pakai Jampersal)

  16. Desi Astriana says:

    bunda..

    untuk operasi sesar apa jampersal ditanggung semuanya? bagaimana prosedurnya? kk dan ktp saya tidak sesuai dengan alamat puskesmas tempat saya periksa apa bisa?

    • acil says:

      Untuk program jampersal, menanggung biaya persalinan baik normal maupun operasi. Meskipun KK dan KTP tidak sama dengan lokasi Puskesmas, tetap bisa mengajukan ke Puskesmas Jampersal yang terdekat dengan lokasi bunda berada (karena ini program pemerintah Indonesia).

      contoh: ada bunda ktp dan asal Maluku, tapi tinggal dan kerja di Surabaya, beliau ikut jampersal di puskesmas Surabaya dan diterima.

  17. Childa says:

    Selamat siang admin, saya mau tanya apakah dipuskesmas kebun jeruk ada program jampersal? saya hamil 6bulan selama ini kontrol ke klinik, saya mau ikut program jampersal, krn tinggal di kelurahan kebun jeruk, puskesmas terdekatnya puskesmas kebun jeruk jakarta barat. Terimaksih infonya

    • acil says:

      maaf mbak Childa, acilku kurang paham lokasi Puskesmas di jakarta.
      Mungkin mbak bisa tanya ke tetangga disekitar sana.

      Selamat berbahagia dan jaga kesehatan kehamilannya yahh

  18. aedha says:

    selamat siang admin..
    saya mau nanya nih syarat ikut jampersal itu salah satunya harus memiliki buku K.I.A ya jika ingin melahirkan di bidan yang ikut program jampersal ini???
    terimakasih :)

    • acil says:

      Benar mbak …
      soalnya syarat ikut Jampersal adalah periksa di Puskesmas jampersal dan periksa kehamilan otomatis dikasih buku KIA

  19. astri yustiana says:

    Bunda kalo krtu identitasnya pk sim bs gx yaa bwt ikut jampersal

  20. aedha says:

    oh begitu…
    bagaimana dengan melahirkan secara secar??
    apa semua rs ada jampersalnya???

Leave a Reply

agen uang online