Syarat pengambilan BPKB

Wednesday, June 13th 2012. | Cerita Bunda

BPKB 300x400 Syarat pengambilan BPKB

BPKB

Syarat pengambilan BPKB di kantor Oto Finance dipersulit. Ceritanya, Bunda acil dapat sepeda motor mio dari salah satu family, kakak bunda. Kebetulan family bunda acil beli sepeda motor Yamaha mio itu kredit alias nyicil dan ambil angsuran selama 3 tahun di Oto Finance. Uang muka dan angsuran di tahun pertama dan kedua bunda acil tidak ikut bayar, tapi karena suatu keadaan saudara atau family bunda acil meninggal dunia, otomatis roda perekonomian jadi berubah dan aku membayar sendiri kelanjutan angsurannya.

Untuk pembayaran angsuran Yamaha mio tiap bulan, aq masih bisa dan mampu. Bunda acil membayar angsuran kredit sepeda motor mio tersebut di kantor pos, karena jarak kantor pos dari rumah bunda dekat sedangkan kantor oto finance sangat jauh jadi cari yang efisien saja. Tiap bulan bunda acilku bayar tepat waktu, kalaupun kadang telat ku selalu bayar beserta dendanya biar nanti kalau sudah lunas dan waktu pengambilan BPKB tidak bayar denda lagi.

Tidak terasa akhirnya pembayaran kredit sepeda motor lunas, jadi BPKB sudah bisa di ambil. Tapi saat pengambilan BPKB ke kantor oto, PT. SOF SIDOARJO tepatnya di jl. Diponegoro 10 ruko graha mutiara delta blok C1-C2 sidoarjo syarat pengambilan BPKB nya ribet dan sangat sulit.

Jujur kita orang awam yang tidak tau tentang birokrasi apa saja yang di perlukan untuk syarat pengambilan BPKB sepeda motor jika yang mengambil orang lain karena yang mengkredit meninggal dunia. Pertama kali kita tanya katanya persyaratanya cukup dengan membawa bukti pembayaran kredit terakhir, foto copy KSK, foto copy surat nikah, foto copy ktp almarhum, foto copy ktp istri jika almarhum sudah menikah, surat keterangan kematian, surat pernyataan istri bermaterai, surat kuasa ahli waris bermaterai dengan tanda tangan saksi dari rt, rw, balaidesa dan kecamatan. Bayangkan syarat pengambilan BPKB ribet sekali, setiap ngurus ke yang bertugas selalu minta salam tempel paling sedikit 20.000 (dua puluh ribu rupiah) dari mulai rt sampai ke kecamatan. Iya kalau kita punya uang tidak apa-apa, sedangkan yang mengurus itu semua kakak ipar yang di tinggal oleh suaminya almarhum (yang mengkredit sepeda motor Yamah Mio), tentu sangat keberatan dengan tuntutan tersebut. Rumah aku dengan kakak iparku jauh, kurang lebih 1 jam perjalanan. Kakak ipar tinggal di sidoarjo sedangkan aku di surabaya. Jadi waktu ngurus surat kuasa ke rt sampai ke kecamatan aku tidak nganterin.

Setelah persyaratan pengambilan BPKB lengkap, aku (bunda acil) bersama kakak ipar pergi ke kantor oto sidoarjo lagi untuk mengambil BPKB, dan ternyata masih saja di persulit birokrasinya, seperti kedua anak almarhum di suruh hadir. Sedangkan kedua anak almarhum tidak bisa karena harus sekolah lagian anak almarhum masih kecil (secara logika, apa istri almarhum yang kredit kurang kuat untuk mengambil BPKB, kok disuruh membawa anak nya yang tidak tau apa2 dan belum dewasa?). Anak pertama kelas 11 (sma) dan yang kedua kelas 7 (smp) keduanya belum punya ktp karena belum 17 tahun. Harusnya kan tidak perlu seribet itu karena istri almarhum sudah hadir dan sudah membawa persyaratan pengambilan BPKB yang di minta, tapi sama petugas oto finance masih saja di persulit. Ehhh lucunya lagi, katanya ada denda yang belum di bayar sebesar seratus ribu. huuufffz kok bisa padahal aku bayar tepat waktu dan kalaupun telat dendanya langsung aku bayar di kantor pos waktu membayar cicilan kredit motor mio itu. Lalu, aku minta bukti telat yang bulan apa untuk di print kan katanya bulan juni tahun lalu padahal jelas-jelas bukti pembayaran yang saya bawa waktu bayar di kantor pos tidak ada tanda telat, tapi tetap saja pihak oto tidak mau tau dan bunda acil harus bayar denda seratus ribu rupiah tersebut kalau mau BPKB keluar, bukannya aku tidak mau bayar tapi bukti telatnya tidak ada, ini sama saja penipuan atau minta suap dengan alasan yang dibuat buat. Ya mau tidak mau harus tetap bayar denda itu meskipun dalam hati tanda tanya besar. Waktu itu kita sempat berdebat dan minta bertemu langsung sama atasan oto finance, PT. SOF SIDOARJO tepatnya di jl. Diponegoro 10 ruko graha mutiara delta blok C1-C2 sidoarjo biar jelas permasalahannya tapi kata pegawai oto atasannya sedang tidak ada di tempat.

Akhirnya aku dan kakak ipar terus berdebat membahas persyaratan pengambilan BPKB, bisa tidak kalau kedua anak almarhum tidak hadir karena masih belum cukup umur dan masih sekolah. Kami berdebat cukup lama kira-kira 1 jam dan pegawai oto masih tetap bersikeras tidak boleh dan akhirnya ada salah satu atasan mereka yang dengar dan menjadi penengah. Setelah kita jelaskan permasalahannya akhirnya atasan itu mengerti dan memahami dan akhirnya BPKB bisa di ambil. Pegawai oto finance memang bikin ribet dan suka mempersulit. Padahal setelah di bicarakan tidak harus seribet itu, karena kita sudah membawa surat-surat dan syarat pengambilan BPKB yang lengkap.

Biarlah ini semua sebagai pelajaran, kalau kita mau kredit sepeda motor, lebih baik diperjelas syarat-syarat nya dan hak kewajiban kita dengan pemberi kredit. Kalau bunda acilku sih, sudah tidak mau lagi ambil kredit di Oto finance, PT. SOF SIDOARJO tepatnya di jl. Diponegoro 10 ruko graha mutiara delta blok C1-C2 sidoarjo karena mereka tidak profesional dan suka mempersulit syarat pengambilan BPKB yang sudah lunas.

kantor OTO Syarat pengambilan BPKB

kantor OTO

cari cerita:

bentuk payudara anak smp, contoh surat kuasa pengambilan bpkb bermaterai, perek garut, ratni ramadhani, perek ciamis, perek kupang, perek boyolali, perek Subang, pengambilan bpkb di acc, tanteku minta dipijitin
tags: , , ,

Komentar untuk Syarat pengambilan BPKB

satu komentar tentang “Syarat pengambilan BPKB”

  1. angga says:

    saya tidak mau berkomentar atau memberi syaran,,,tapi saya ngerti masalah bu acil,,memang sihh oto itu ribet bgt,,saya nyesel juga ngambil oto sebagai lising saya,,karna saya juga erasa di rebetin,,karna stnk saya kan ilang nah ke polisi udah ke samsat udah,,nah kata orang samsat katanya harus ada bpkb asli,,tadinya saya sih mau pinjem dulu tapi di temenin ma orang oto minta nya tadinya begitu,,ehh ternya harus ada duit gitu katanya harus bayar 300 ribu,,,sumpah saya nyesel kredit di oto,,emang sihh saya ngredit,,karna saya orang susah,,,,pada temen2 semua kalo mau kredit atau ngambil kendaraan,,,pikir pikir dulu lising yang bagus dan ga ribet okkkkk

Leave a Reply

uang online